Wednesday, November 22, 2006

Tertipu Rp 80 Juta Gara-gara Dapat Warisan Via Email

Bandung, Lampost Online - Hati-hati jika Anda menerima kiriman email tidak jelas. Hendra, seorang wiraswasta asal Bandung tertipu Rp 80 juta gara-gara menerima sebuah email tak jelas. Penipuan ini bermula ketika dirinya membuka email yang isinya telah menerima uang sebesar US 38 juta dolar.

Uang ini berasal dari sisa pembagian warisan seorang pengusaha asal Italia, Mario Julio. Pasalnya, dalam 2 bulan mendatang, dirinya, dikabarkan akan meninggal dunia. Mario berpesan agar uang tersebut dibagikan untuk dana sosial di Indonesia.

"Uang 80 juta itu untuk kebutuhan administrasi pengiriman dan sudah diberikan. Ini adalah kejahatan jaringan," ungkap Kasatreskrim Polres Bandung Barat, AKP Suciptono saat menggelar jumpa pers di Mapolres Bandung Barat, Jalan Sukajadi, Bandung, Jum'at (26/05/2006).

Saat ini Mapolres Bandung Barat telah membekuk tersangka yang melakukan penipuan tersebut. Tersangka ini adalah pria asal Liberia, Walter Lordgate, 36 tahun. Ia ditangkap di Hotel Le'Meridien, Jakarta, Kamis sore (25/05/2006). Walter Lordgate ditangkap aparat kepolisian ketika tengah terjadi pertemuan dengan Hendra.

Pada pertemuan tersebut, tersangka sempat memperlihatkan sebagian uang warisan tersebut sebanyak US 500 dolar. Uang warisan tersebut seluruhnya dalam bentuk kertas berwarna hitam. Tersangka kemudian mencucinya dengan cairan khusus. Bak sulap, uang 100 Dollar Amerika tersebut pun muncul.

"Namun setelah diselidiki sisanya cuma uang kertas karton hitam saja," ungkapnya.

Saat ini Mapolres Bandung Barat mengamankan barang bukti berupa satu kotak hitam. Isinya, kertas karton hitam seukuran uang dollar. Kertas hitam seukuran uang dolar tersebut diikat dengan pita kuning bertuliskan "100 USD Defaced Bills". Tersangka saat ini masih dalam pemeriksaan aparat polisi.

"Untuk mencairkan seluruh uang tersebut, tersangka juga sempat meminta uang sebesar 180 ribu dolar," ungkapnya.

Hendra, si korban penipuan pun mesti gigit jari. Pasalnya, dari uang US 500 dolar yang sudah disulap tersebut dirinya hanya kebagian sekitar US 200 dolar saja. Sisanya diambil oleh kawan Walter Lordgate.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home